Ekonomi Kreatif melalui pengembangan Kripik Bonggol Pisang (Tim Comdev Mahasiswa UGM Yogyakarta)
May 9, 2012

Pendirian Usaha Krupuk Susu Sebagai Usaha Diversifikasi Produk Olahan Susu untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Petung, Cangkringan, Yogyakarta (Esti Mulatsari, dkk- UGM)

Bermodal dana hibah dari MITI, Esti Mulatsari dan beberapa rekan mahasiswa UGM melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat Dusun Petung, Cangkringan, Yogyakarta. Daerah Cangkringan merupakan daerah penghasil susu sapi. Namun, selama ini susu yang dihasilkan dijual mentah ke sebuah perusahaan susu. Tak ada nilai tambah dari transaksi bahan baku mentah seperti itu. Esti memberi sentuhan inovasi produk olahan susu sehingga dapat menjadi penghasilan baru bagi mayarakat karena meningkatkan nilai ekonomis dari susu yang mereka hasilkan.

Respon masyarakat dengan upaya Esti dan teman-teman mahasiswanya cukup baik. Bahkan, Kepala Dukuh Petung menyambut dengan senang hati program yang ditawarkan dan mempersilakan mereka berkoordinasi dengan kaum ibu sebagai target sasaran. Dalam perjalanannya, jalinan kerjasama tumbuh dengan melibatkan dunia usaha, khususnya dalam pasokan bahan baku dan pemasaran produk. Dua pihak yang selama ini terlibat adalah CV Prima Katalisando dan KUD Kecamatan Musuk, Boyolali yang merupakan KUD terdekat dari wilayah Petung, mengingat Cangkringan adalah wilayah perbatasan antara Yogyakarta dan Boyolali.