Kompas: Posisi Global Indonesia Meningkat
May 4, 2015
LP2IM Unimed dan MITI KM Kerjasama Selenggarakan Medan National Conference 2015
June 3, 2015

Belajar Mengelola Jejaring Riset, LSM Malaysia Kunjungi MITI

Foto Bersama MITI-IKRAM

Foto Bersama MITI-IKRAM

Foto Bersama MITI-IKRAM

Tangerang (miti.or.id) – Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) sebagai LSM yang telah berpengalaman selama belasan tahun dalam mengelola jejaring ilmuwan, mahasiswa, dan profesional di Indonesia ternyata tidak hanya dikenal di dalam negeri saja. Kerjasama yang telah dilakukan MITI dengan lembaga-lembaga Internasional membawa nama MITI sebagai LSM berbasis teknologi yang disegani. Banyak LSM saling belajar dari pengalaman MITI dalam mengelola jejaring riset dan mengembangkan masyarakat, tak terkecuali Pertubuhan IKRAM Malaysia (IKRAM), yang mengunjungi MITI, Sabtu (23/05).

Setelah menjadi contoh program transfer teknologi yang dihasilkan oleh para ilmuwan dan peneliti kepada masyarakat di tingkat ASEAN, MITI kembali mendapatkan kunjungan belajar dari organisasi sekitar wilayah ASEAN. Kunjungan yang dilakukan oleh Pertubuhan IKRAM Malaysia ini bertujuan untuk mempelajari pengelolaan jejaring riset yang telah dilakukan oleh MITI dengan 300 ilmuwan yang dimiliki MITI di berbagai bidang, kerjasama dengan lebih dari 80 kampus melalui MITI Klaster Mahasiswa, belasan kampus luar negeri, dan puluhan institusi internasional serta nasional dalam membangun teknologi mutakhir yang dapat digunakan di dunia industri dan masyarakat.

“MITI mengambil peran untuk menjadi promotor dan katalisator dalam upaya pemberdayaan masyarakat berbasis teknologi untuk masyarakat lapis bawah yang disebut ‘bottom of pyramid’ serta program transfer teknologi untuk menjembatani dunia riset, masyarakat, dan industri,” jelas Ketua Umum MITI, Dr. Warsito P. Taruno.

Pertubuhan IKRAM Malaysia merupakan LSM yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan. Didirikan pada tahun 2009, Pertubuhan IKRAM Malaysia memiliki banyak program pengembangan masyarakat. LSM yang berkedudukan di Kuala Lumpur dan memiliki cabang di semua negara bagian ini ingin mempelajari dan saling berbagai pengalaman dengan MITI yang berhasil mengembangkan masyarakat menggunakan teknologi tepat guna hingga teknologi mutakhir.

Dr. Muhammad Bin Hamzah, Pimpinan Pertubuhan IKRAM dari Negeri Kelantan dalam diskusi yang dilakukan di MITI Headquarter Alam Sutera,  mengatakan bahwa kunjungan ini adalah kunjungan pertama kali IKRAM ke Indonesia. “Saya berharap kunjungan untuk saling belajar ini dapat menjadi awal kerjasama yang baik antara MITI dan IKRAM,” ujarnya. (DWH)