Vitae adipiscing turpis aenean rutrum leo aliquet
March 11, 2014
Kebodohan yang Luar Biasa, Indonesia Masuk G-20 Hasil Dari Menjual TANAH dan AIR
March 12, 2014

Bunga Rampai 5 Negeri

Bunga Rampai

Berkesempatan melakukan perjalanan ke luar negeri tentu menjadi kesempatan yang tidak ingin dilewatkan, apalagi jika menetap dalam rangka bersekolah atau bekerja. Hidup di negara yang memiliki budaya berbeda dengan Indonesia tentu menjadi tantangan tersendiri yang harus dihadapi. Terlebih lagi jika negara tersebut termasuk kedalam negara-negara unggul yang menjadi acuan dan rujukan dunia, tantangannya menjadi berlipat karena diperlukan proses adaptasi untuk menyesuaikan ritme dalam berkegiatan

Mengambil hikmah dan nilai-nilai yang bermanfaat merupakan hal utama yang menjadi motivasi untuk bertahan hidup di negeri seberang. Hal-hal yang menjadi teladan dan inspirasi selayaknya mampu menghadirkan semangat dalam mengubah wajah Indonesia lebih baik dari sebelumnya. Ini bukan berarti tak ada yang bisa dibanggakan dari Indonesia, tetapi yang perlu dikedepankan adalah proses pembelajaran dan perbaikan, sehingga Indonesia menjadi semakin baik setiap harinya.

Bersamaan dengan event GIPI 2 (Gebyar Inovasi Pemuda Indonesia) pada tanggal 8-9 Maret yang lalu di Yogyakarta, MITI membukukan tulisan fenomena unik yang didapatkan para kontributor selama menyelesaikan kuliah dan training di 5 negara maju seperti Jepang, Jerman, Korea, Turki, dan Taiwan.  Tidak sedikit hal yang ditemukan itu adalah hal yang biasa. Namun, semua itu menjadi hal yang luar biasa setelah memahami hikmah di balik fenomena itu. Seperti pendidikan tentang kedisiplinan yang berawal dari meja makan. Ada juga kisah perjalanan mimpi ratusan tahun pada pendiri negeri yang akhirnya baru terwujud pada dekade ini.

Semoga buku yang sederhana ini dapat mengajak pembaca untuk bersama-sama belajar, memulai dari diri sendiri serta menerapkannya dalam interaksi sosial lebih luas untuk Indonesia yang lebih baik.