Survey Program Pendampingan Studi Lanjut ke Jepang!
October 11, 2016
MITI Klaster Mahasiswa Bersama Masyarakat Surabaya Memperingati Hari Pangan Dunia
October 25, 2016

Dr. Ihsan Iswaldi, Ilmuwan Muda MITI Semangati Mahasiswa Riau Untuk Raih Beasiswa ke Luar Negeri

Riau (miti.or.id) — Salah satu ilmuwan muda Indonesia yang merupakan anggota MITI Profesional Muda, Dr. Ihsan Iswaldi, M.Si., M.Sc., turut berbagi pengalaman dan ilmu dalam acara Seminar Nasional Beasiswa di Universitas Riau. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Riau Cendekia bekerja sama dengan MITI Klaster Mahasiswa ini dihadiri oleh puluhan mahasiswa dari berbagai wilayah di bagian utara Pulau Sumatera. Sebagian peserta berasal dari Universitas Negeri Medan, UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Universitas Sumatera Utara, Universitas Syiah Kuala Aceh, Universitas Andalas Padang, Universitas Negeri Padang dan Universitas Riau sebagai tuan rumah.

Dr. Ihsan Iswaldi saat menyampaikan pengalamannya dalam mengakses beasiswa S2 dan S3-nya

Dr. Ihsan Iswaldi saat menyampaikan pengalamannya dalam mengakses beasiswa S2 dan S3 di luar negeri

Kegiatan yang dilaksanakan di lantai 4 Aula Rektorat Universitas Riau ini, merupakan salah satu kegiatan dalam rangkaian acara Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa Se-Sumatera bagian Utara 2016. Selain Seminar Beasiswa, dilaksanakan juga beberapa kegiatan lainnya yaitu Seminar Kebudayaan dengan tema “Riau the Homeland of Melayu”, Lomba Esai Nasional, Focus Group Discussions dan Kelas Pembinaan Kelompok Studi dari berbagai universitas yang hadir pada rangkaian acara Temu Wilayah ini.

-Seminar Kebudayaan Melayu yang di isi oleh Ketua LAM (Lembaga Adat Melayu) Riau Lebih mengenalkan bagaimana karakteristik kebudayaan melayu khususnya di Riau

Seminar Kebudayaan Melayu oleh Ketua Lembaga Adat Melayu Riau untuk memperkenalkan karakteristik kebudayaan melayu khususnya di Riau

Seminar Kebudayaan Melayu yang diisi oleh Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau,  Bapak Al Azhar. Beliau memperkenalkan karakteristik kebudayaan melayu khususnya di Riau, mulai dari bagaimana perkembangannya, adat istiadatnya, agama serta jadi diri yang sudah mulai pudar. Sementara itu, Dr. Ihsan Iswaldi, M.Si., M.Sc., memotivasi mahasiswa peserta Seminar Beasiswa untuk kuliah ke luar negeri. Beliau menjelaskan bagaimana kiat-kiat untuk mendapatkan beasiswa serta strategi melanjutkan studi ke luar negeri. Selain memberi semangat pada Seminar Beasiswa, Dr. Ihsan Iswaldi juga memimpin Focus Group Discussion yang dimoderatori oleh Al Afif Muzakir. Dalam FGD ini, Dr. Ihsan Iswaldi memimpin diskusi antar peserta dan delegasi Unit Kegiatan Mahasiswa Ilmiah mengenai berbagai permasalahan yang sering dijumpai di kampus, sehingga para peserta dan delegasi menjadi lebih kritis untuk menghadapi permasalahan yang dihadapi. (UH)