Hadi Teguh Yudistira, S.T., Ph.D., Ilmuwan Muda MITI Tegaskan Indonesia Harus Berani Bersaing Mengembangkan Nanoteknologi
June 6, 2016
Dr. Kaharuddin Djenod, M.Eng., Pakar Desain Kapal Laut dalam Jejaring MITI
Dr. Kaharuddin Djenod Yakinkan Mahasiswa, Indonesia Mampu Menahkodai Negaranya Sendiri di Bidang Kemaritiman
June 14, 2016

Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng., Ilmuwan MITI yang Dikukuhkan Sebagai Profesor Riset Ke-458 di Indonesia

Jakarta (miti.or.id) — LIPI kembali mengukuhkan Profesor Riset bagi dua orang peneliti Indonesia, yaitu Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng., dan Dr. Eniya Listiani Dewi, B.Eng., di Auditorium BPPT Gedung II, siang tadi (08/06). Ratusan tamu undangan memenuhi ruangan untuk menyaksikan orasi pengukuhan profesor riset kedua peneliti tersebut. Profesor Riset sendiri merupakan pengakuan, kepercayaan, dan penghormatan yang diberikan atas keberhasilan seorang PNS dalam mengemban tugasnya di bidang litbang yang diberikan kepada Peneliti Utama yang sudah menyampaikan orasi ilmiah dalam suatu prosesi upacara pengukuhan*.

Suasana saat orasi pengukuhan profesor riset Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng

Suasana saat orasi pengukuhan profesor riset Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng

Dr. Ratno Nuryadi, yang merupakan Kepala Divisi Pembinaan Mahasiswa dan Pelajar di MITI, menyampaikan orasi pengukuhan profesor risetnya dengan judul ‘Rekayasa Material Nano untuk Aplikasi Sensor Bersensitivitas Tinggi’. Menurut Dr. Ratno dalam orasinya, “..Pengembangan nanoteknologi di Indonesia memiliki berbagai macam tantangan. Namun, tantangan-tantangan tersebut harus dilihat sebagai peluang untuk menemukan solusi yang komprehensif agar membawa manfaat bagi masyarakat.”

Orasi diakhiri dengan penyampaian rasa terima kasih beliau kepada pihak-pihak yang telah membantu, “..terkhusus kedua orang tua saya yang selalu mendorong saya untuk mencari ilmu setinggi-tingginya..”. Dr. Ratno mengawali mimpinya dari daerah Bantul, Yogyakarta, hingga akhirnya bisa menebarkan pemikiran dan inspirasinya di berbagai kota di Indonesia, bahkan di berbagai negara di dunia. Semoga dengan pencapaian ini, semakin banyak kebermanfaatan dan ilmu yang bisa dipersembahkan Prof. (Riset). Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng bagi Indonesia. Selamat Prof. (Riset). Dr. Ratno Nuryadi! (UH)

* Didapat dari: http://pusbindiklat.lipi.go.id/pembinaan-peneliti/profesor-riset/