Bapak Aflakhur Ridlo, Ph.D., Berbagi Ilmu Mengenai Pengelolaan Lingkungan Bagi Kota Industri di Untirta
May 16, 2016
Hadi Teguh Yudistira, S.T., Ph.D., Ilmuwan Muda MITI Tegaskan Indonesia Harus Berani Bersaing Mengembangkan Nanoteknologi
June 6, 2016

Dr. Warsito P. Taruno Motivasi Pemuda Dalam Peningkatan IPTEK

Dr. Warsito saat sesinya di Universita Bengkulu

Dr. Warsito saat menjelaskan tentang salah satu penelitiannya di bidang tomografi untuk kesehatan

Bengkulu (miti.or.id) — Dr. Warsito Purwo Taruno, menginspirasi ratusan mahasiswa yang berkumpul di Auditorium Universitas Bengkulu dengan kisah perjuangan penelitiannya mengenai tomografi. “Cara mendapatkan mentalitas belajar yang luar biasa adalah dengan melakukan segala sesuatu dengan dasar ketulusan dan ketabahan..“, ucap Dr. Warsito menyemangati ratusan peserta seminar nasional dari berbagai kampus di wilayah Sumatera bagian selatan. Peneliti yang hasil penelitiannya telah digunakan di berbagai instansi nasional maupun internasional ini, menyampaikan pentingnya pemuda dalam menguatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, bagi kesuksesan Indonesia di masa depan.

Ratusan peserta Seminar Nasional dalam rangkaian Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa, di Auditorium Universitas Bengkulu - Sabtu, 21 Mei 2016

Ratusan peserta Seminar Nasional dalam rangkaian Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa, di Auditorium Universitas Bengkulu – Sabtu, 21 Mei 2016

Ratusan peserta yang hadir dalam acara seminar nasional bertema Optimalisasi Peran Pemuda dalam Peningkatan dan Kemajuan IPTEK ini, datang tidak hanya dari Kota Bengkulu, namun juga dari beberapa kota di wilayah Sumatera Bagian Selatan. Puluhan mahasiswa yang datang dari Jambi, Palembang, Lampung, dan Bangka Belitung ini, merupakan perwakilan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) bidang penelitian dan penalaran di kampus-kampus wilayah Sumatera bagian Selatan. Berkumpulnya para perwakilan UKM tersebut adalah untuk berkoordinasi dan silaturahim dalam rangkaian agenda Temu Wilayah yang dikoordinir oleh MITI Klaster Mahasiswa.

Pembukaan acara Seminar Nasional oleh (dari kanan ke kiri): Bapak Yansen, S.Hut., M.Sc., Ph.D (Pembina UKM P3M Unib), Bapak Dr. Warsito P. Taruno, M.Eng (Ketua Umum MITI), Bapak Dr. Mochamad Ridwan, S.E., M.P (Wakil Rektor III Unib), Sdr. Zulfan Idris Shaleh H. (Ketua UKM P3M Unib), dan Tetty Desyana, S.Pd (Kadept. Bina Wilayah MITI Klaster Mahasiswa)

Pembukaan acara Seminar Nasional oleh (dari kanan ke kiri): Bapak Yansen, S.Hut., M.Sc., Ph.D. (Pembina UKM P3M Unib), Bapak Dr. Warsito P. Taruno, M.Eng. (Ketua Umum MITI), Bapak Dr. Mochamad Ridwan, S.E., M.P. (Wakil Rektor III Unib), Sdr. Zulfan Idris Shaleh H. (Ketua UKM P3M Unib), dan Tetty Desyana, S.Pd. (Kadept. Bina Wilayah MITI Klaster Mahasiswa)

Seminar nasional yang masuk dalam rangkaian Temu Wilayah Sumatera Bagian Selatan (Temwil Sumbagsel) ini, diselenggarakan pada hari Sabtu, 21 Mei 2016, yang dibuka oleh Dr. Mochamad Ridwan, S.E., M.P., sebagai Wakil Rektor III Universitas Bengkulu. “..Salah satu syarat untuk menjadi SDM yang berguna yaitu dengan iman, SDM yang berkarakter IMTAK dan IPTEK, sehingga berjalan lurus yang paripurna..“, ucap Dr. Mochamad Ridwan dalam sambutannya, “..Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain’. Seperti yang kita bisa lihat, Pak Warsito adalah salah satu contohnya..”.

4

Dr. Warsito Purwo Taruno (tengah) dan Dr. Ihsan Iswaldi, M.Si., M.Sc. (sebelah kiri Dr. Warsito), bersama beberapa dosen Unib dan pengurus MITI Klaster Mahasiswa seusai seminar nasional

Kehadiran Dr. Warsito, yang merupakan Ketua Umum MITI (Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia) dalam seminar nasional teknologi di Universitas Bengkulu ini, diharapkan mampu mendorong peserta untuk bergelut lebih serius dalam bidang penelitian dan penalaran yang bermanfaat bagi universitas masing-masing, juga bagi masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan oleh UKM P3M (Pengembangan Penalaran dan Penelitian Mahasiswa) Universitas Bengkulu, UKM Media Cendekia Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu, dan MITI Klaster Mahasiswa (MITI KM) ini, ditutup dengan seminar beasiswa oleh Dr. Ihsan Iswaldi, yang juga alumni Kepala Departemen Hubungan Luar Negeri MITI KM, kepengurusan 2010-2012. (UH)