Membangun Soliditas, MITI Gelar Buka Puasa Bersama
August 9, 2012
Edwar Tech Kembali Sembuhkan Penderita Neuroblastoma
August 12, 2012

Edwar Tech Ikuti Pameran Ritech 2012

BANDUNG—Salah satu perusahaan teknologi berbasis riset tomografi, Edwar Technology mengikuti pameran RITECH 2012 di Gedung Sabuga, ITB Bandung. Pada pameran tahunan yang diselenggarakan Kementerian Riset dan Teknologi tersebut, perusahaan yang dimotori dua pengurus MITI Dr Warsito P Taruno dan Dr Edi Sukur itu menampilkan dua produk risetnya, scanner (pemindai) untuk kanker payudara dan kanker otak.
Menempati ruang pamer utama, kehadiran stand Edwar Tech cukup menarik perhatian pengunjung yang menengok. Menurut Dr Edi Sukur, co founder Edwar Tech, pihaknya memberi pelayanan gratis untuk memindai adanya kanker payudara maupun kanker otak dari pengunjung yang berminat. ‘’Para pengunjung tinggal mendaftar dan akan kita layani segera dengan dua alat pemindai untuk kanker payudara serta satu pemindai untuk kanker otak,’’ jelas Edi yang juga ketua MITI bidang pemberdayaan industri dan sektor privat ini.
Antusiasme pengunjung, terutama kaum perempuan tampak dari banyaknya dari mereka yang mendaftar. Sejak pagi hingga petang menjelang buka puasa, tak kurang dari 30 orang memeriksakan diri untuk dideteksi adanya kanker payudara. ‘’Kita juga memberi kesempatan kepada mereka yang terdeteksi adanya kanker payudara untuk berkonsultasi langsung dengan Dr Warsito selaku penemu alat ini,’’ lanjut Edi.
Menurutnya, bagi mereka yang positif terdeteksi disarankan untuk memeriksakan diri lebih lanjut di laboratorium Edwar di Tangerang, Banten. Dengan demikian, langkah dini upaya penyembuhan akan memberi peluang yang lebih besar dibanding bila menundanya.
Lebih lanjut Edi menyebutkan dari hasil riset selama ini dengan ratusan pasien yang datang dari berbagai kota di Indonesia, prosentase keberhasilan menangani kasus kanker payudara menunjukkan hasil yang signifikan. ‘’Dibanding kasus kanker otak atau yang lainnya, untuk penanganan kanker payudara hasilnya jauh lebih baik,’’ papar Edi.
Di pusat riset Edwar, Edi menyebut kasus yang paling banyak ditangani adalah kanker payudara dan kanker otak. Meski demikian, beberapa kasus kanker paru dan kanker syaraf (neuroblastoma) juga ditangani. ‘’Satu pasien kita, penderita neuroblastoma, Alhamdulillah sudah pulih kembali setelah kita tangani hampir setahun ini,’’ jelas Edi.
Ke depan, pihaknya masih menunggu hasil ujicoba di beberapa negara yang telah dilakukan seperti RS India dan Malaysia, selain di Litbang Kementerian Kesehatan untuk dalam negerinya. Bila ujicoba menunjukkan hasil positif, maka pihaknya akan lebih mengintensifkan penggunaan hasil riset ini ke rumah-rumah sakit yang ada. Saat ini pun beberapa rumah sakit juga menjadi tempat ujicoba hasil riset terbaik dari salah satu pengurus MITI tersebut.
Pameran RITECH sendiri berlangsung mulai 8-11 Agustus 2012 dan diikuti tak kurang dari 70 lembaga serta perusahaan yang menampilkan berbagai teknologi karya anak bangsa. Menristek Gusti Muhammad Hatta membuka secara resmi acara pameran ini. (humas miti)