Pendirian Usaha Krupuk Susu Sebagai Usaha Diversifikasi Produk Olahan Susu untuk Meningkatkan Taraf Hidup Masyarakat Petung, Cangkringan, Yogyakarta (Esti Mulatsari, dkk- UGM)
May 9, 2012
Pemanfaatan Abu Tandan Kosong Sawit Sebagai Amelioran Dalam Meningkatkan Produktivitas Tanaman Padi Di Lahan Gambut Desa Kampar Kabupaten Kampar, Riau (Indra Purnama, dkk- Universitas Riau)
May 9, 2012

Ekonomi Kreatif melalui pengembangan Kripik Bonggol Pisang (Tim Comdev Mahasiswa UGM Yogyakarta)

Industri kecil skala rumah tangga dengan komoditas keripik bonggol pisang aneka rasa. Diharapkan, produk unggulan ini mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin Ponggok yang menjadi korban gempa Yogyakarta 2006 lalu.

Saat ini, selain melakukan agenda kegiatan di Ponggok, tim Comdev juga melakukan hal serupa di Padukuhan Kawangwuni, Sleman. Pemasaran semakin efektif lewat gelaran acara Festival Seni dan Budaya Kawangwuni yang berlangsung setiap tahunnya. Di forum inilah produk keripik diperkenalkan kepada publik sehingga mendapatkan perhatian dan menarik minat warga lain untuk bergabung dalam program. Pasar pun semakin diluaskan ke berbagai wilayah Yogyakarta, khususnya sentra-sentra pariwisata kota Yogyakarta. Kerjasama warga, baik di Ponggok maupun di Kawangwuni, dengan swasta pun dijalin, khususnya dalam pemasaran. MOU warga dengan sebuah perusahaan swasta kini telah terjalin dan diharapkan semakin meningkatkan prospek usaha ini.