Dr. Rohadi Awaludin: Tekankan 3 Bekal Dasar Kontribusi pada Mahasiswa IAIN Raden Intan
April 11, 2016
Dr. Ratno Nuryadi Berbagi Mengenai Riset Nanoteknologi Kepada Mahasiswa IAIN Surakarta di Hari Pendidikan Nasional
May 3, 2016

Ilmuwan Muda Jejaring MITI, Berbagi Ilmu di Training Riset UIN Jakarta

HP

Jakarta — Pertemuan ketiga dari serangkaian kegiatan Training Riset, yang dilaksanakan di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah-Jakarta, telah terlaksana pada hari Sabtu, 9 April 2016 yang lalu. Acara bertema “Build Your Research, Build Your Nation” ini diselenggarakan oleh Fatahillah Researcher for Science and Humanity (FReSh), salah satu UKM di UIN Syarif Hidayatullah, bekerjasama dengan MITI Klaster Mahasiswa (MITI KM), INSIST (Institute for the Study of Islamic Thought and Civilization), dan BI.

Syaefudin, M.Si., dengan sebagian peserta Training 2016 Riset pertemuan ketiga, usai kegiatan - Sabtu, 9 April 2016

Syaefudin, M.Si., dengan sebagian peserta Training 2016 Riset pertemuan ketiga, usai kegiatan – Sabtu, 9 April 2016

Kegiatan Training Riset 2016 ini merupakan agenda lanjutan dari kegiatan UIN Meneliti, yang diselenggarakan untuk menambah fokus para peserta dalam mengasah kemampuan meneliti yang telah dimiliki. Training Riset 206 ini, dibagi menjadi 3 kelas yang berbeda yaitu kelas Sains, Sosial-Agama, dan Ekonomi. Pada pertemuan pertamanya, salah satu pengurus MITI KM, yaitu Muhammad Susetio, S.P., menjadi trainer yang menyampaikan materi mengenai  “Metodologi Riset Bidang Sains Teknologi”.

MITI yang turut berpartisipasi dalam pertemuan ketiga ini, mengirimkan salah satu ilmuwan mudanya dari komunitas alumni pengurus MITI KM—MITI Profesional Muda—yaitu saudara Syaefudin, M.Si., sebagai trainer di kelas Sains. Menyampaikan materi dengan tema “Desain Riset dan Analisa Data”, Syaefudin membagi pengalamannya dalam melaksanakan riset dari studinya di jenjang S1, S2, hingga saat ini, dimana beliau merupakan salah satu Dosen di Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, IPB.

“..pemaparan yang disampaikan mudah dipahami, sehingga kelas berlangsung dengan kondusif..”, ungkap salah satu peserta training, usai kelas pertemuan ketiga Training Riset 2016. Sebagai Project Coordinator dari Proyek Development, Job, and Scholarship Vacancy (DJSV), Syaefudin bersama rekan-rekan di MITI Profesional Muda aktif dalam mendukung berbagai kegiatan untuk meningkatkan kapasitas personal demi terciptanya SDM yang profesional, terlibat aktif dalam pembangunan Indonesia, dan menciptakan masyarakat madani. (UH/TS)