Gerakan “Go Pangan Lokal” Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia
May 24, 2013
Ratno Nuryadi: Pembuat Alat Pengukur Nano (Nanoscope) Pertama di Indonesia
September 8, 2013

Masyarakat Imuwan dan Teknolog Indonesia Dirikan Gedung MITI Center

Sabtu, 30 Agustus 2013 merupakan hari yang bersejarah dalam perjalanan Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI). Memasuki tahun ke-9 berdirinya LSM yang bergerak dibidang pendayagunaan teknologi untuk kesejahteraan masyarakat ini, MITI semakin matang dengan diresmikannya MITI Center yang terletak di Jl. Marzuki Yahya Nomor 59, Kecamatan Sukmajaya, Depok, Jawa Barat. Terpilihnya Kota Depok sebagai lokasi MITI Center sangat beralasan sebab Depok merupakan salah satu pusat pemikiran Indonesia, dimana terdapat Universitas Indonesia (UI) yang menjadi rujukan pemikiran kebangsaan Indonesia.

Berdirinya MITI Center membawa semangat anak bangsa yang telah menimba ilmu diberbagai bidang untuk dapat mengaplikasikan ilmunya di masyarakat. Lebih lanjut, pada sambutan yang disampaikan oleh Dr. Warsito P. Taruno, M.Eng sebagai ketua MITI menyatakan bahwa berdirinya MITI Center bukan hanya sekedar bangunan fisik namun lebih jauh dari itu MITI Center membangun manusia. Oleh karena itu, diharapkan dengan berdirinya MITI Center dapat memfasilitasi transfer informasi antara ilmuwan, masyarakat dan pemerintah kearah pembangunan bisnis berbasis teknologi.

Menteri Sosial Mengunjungi Stand RCDC Jambi

Menteri Sosial Mengunjungi Stand RCDC Jambi

Balon MITI di Angkasa

Balon MITI di Angkasa

Diskusi Pembina MITI

Diskusi Pembina MITI

Seminar RCDC

Seminar RCDC

Menteri Sosial RI, Dr. Salim Segaf yang turut hadir juga menyatakan apresiasinya terhadap MITI. Dr Salim Segaf berharap dengan adanya penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di masyarakat dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat utamanya mengentaskan kemiskinan yang merupakan akar permasalahan sosial. Selain itu, diakhir sambutanya Dr Salim Segaf menegaskan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan langkah awal agar dapat mewujudkan bangsa Indonesia yang sejahtera, namun Dr Salim mengingatkan agar usaha ini dilandasi dengan keikhlasan agar dapat menjadi amal jariyah sepanjang masa.

Senada dengan hal tersebut, dikutip dari pernyataan Walikota Depok Dr. Nur Mahmudi, Kota Depok yang memiliki program sebagai Scientific City sangat menyambut baik kehadiran MITI Center. Dr Nur Mahmudi berharap dengan berdirinya MITI Center dapat membantu mempercepat proses industrialisasi mulai dari industri sederhana hingga industri besar yang berbasis teknologi.

Selepas sambutan, MITI Center diresmikan dengan upacara menerbangkan balon MITI keangkasa diwakili oleh Ketua MITI, Menteri Sosial dan Walikota Depok, upacara ini berlangsung kidmat dan sukses yang kemudian dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Pada kesempatan ini, diadakan pula diskusi panel ketua MITI dengan para pembina MITI. Acara ditutup dengan presentasi MITI Klaster Mahasiswa dan binaan Research Community Development Center (RCDC) MITI dari berbagai kampus yakni RCDC Pleret Yogyakarta, dengan topik pengembangan Ayam Jawa Super, RCDC Cikahuripan Bandung, dengan topik pengembangan bisnis susu, dan RCDC Jambi dengan topik pengembangan kerajinan tangan khas suku Anak Dalam Jambi.