Dr. Edi Sukur memberikan materi didepan mahasiswa baru
Mahasiswa Sukses dan Berprestasi, Bukan Sekedar Mimpi
November 18, 2015
Training untuk Incubatee TBI BTIC Batch #1
January 20, 2016

MITI Adakan Workshop Bertema How To Find Grants for Your Non-Profit Organization

Foto Bersama Peserta Workshop MITI

Foto Bersama Peserta Workshop MITI

Foto Bersama Peserta Workshop MITI

Foto bersama peserta workshop MITI di akhir rangkaian acara

Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) menyelenggarakan workshop bertema How To Find Grants for Your Non-Profit Organization bagi Non-Govermental Organization (NGO). Workshop ini bertujuan agar NGO memiliki kemampuan untuk mencari pendanaan dari lembaga donor lokal, CSR perusahaan, hingga penyandang dana internasional.

Sesi perkenalan sebelum memulai workshop

Workshop diadakan selama dua hari, 12-13 Januari 2016 di MITI Headquarter, Alam Sutera, Tangerang. Sebanyak 16 peserta hadir, terdiri dari 10 NGO, antara lain PTQ Al-Utsmani, Yayasan Ukhuwah Islamiyah, LPBPI NU (Lembaga Penanggulangan Bencana Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama), Dompet Al Qur’an Indonesia, Kotak Amal Indonesia, Yayasan BUMI, STT Terpadu Nurul Fikri, Masjid Darussalam Kota Wisata, iCyrec! dan Yayasan Pemuda Peradaban.

Pelatih dalam workshop ini adalah Irwanda Wisnu Wardhana, konsultan dan trainer pengembangan organisasi dan bisnis yang telah memiliki pengalaman belasan tahun.

Pak Irwanda mendengarkan pendapat dari salah satu peserta workshop

Bahasan di hari pertama, berkisar mengenai Tips Mencari Donor dan Hibah, hingga ke Praktik Menulis Proposal. Beberapa simulasi dilakukan, seperti praktik melakukan elevator speech, untuk melakukan pendekatan kepada tokoh-tokoh penting nasional dalam waktu singkat dan efisien yang membuat workshop menjadi menyenangkan dan tidak membosankan.

“..Kebetulan mau mempelajari terkait dengan fund raising. Semoga bisa bermanfaat, dan bisa diaplikasikan di lembaga kami. Terima kasih.”, komentar Ibu Fitria, salah satu peserta dari LPBI NU mengenai harapan terhadap training.

Pada hari kedua, Irwanda mulai menjelaskan materi mengenai Tips yang Berkaitan dengan Aplikasi Hibah Berskala Nasional dan Internasional, hingga diakhiri dengan Tips melakukan Fundraising.

Para peserta workshop sedang menganalisa contoh persyaratan pengajuan dana hibah

Para peserta workshop sedang menganalisa contoh persyaratan pengajuan dana hibah

Workshop berjalan interaktif. Para peserta berpartisipasi dalam diskusi dan bertanya seputar materi serta permasalahan-permasalahan yang dialami oleh NGO masing-masing. Para peserta juga turut berperan dalam simulasi-simulasi untuk mengaplikasikan materi workshop.

“Harapan kami, pelatihan seperti ini bisa terus dikembangkan. Sehingga, bisa menjadi bekal bagi kami (NGO) untuk bisa mengembangkan lembaga kami, dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga yang berkontribusi dengan apa yang kami cita-citakan“, ungkap Edris Effendi, peserta dari Yayasan Ukhuwah Islamiyah. (BTA)