Terima Kasih Pak Gelbke
April 24, 2014
MITI Terima Kunjungan Dompet Dhuafa
May 5, 2014

MITI Akan Terus Bangun Desa Melalui Pemuda

Kunjungan MITI ke IBD

Kunjungan MITI ke IBDJakarta (miti.or.id) — Deputi Pemberdayaan Masyarakat dan Sektor Privat MITI melakukan kunjungan ke Yayasan Bina Desa Indonesia, Senin (28/04). Kunjungan ini dilakukan untuk saling bertukar pemikiran mengenai langkah kerja nyata pada pembangunan desa berkelanjutan.

Sebagai LSM yang mengemban mandat untuk menjembatani teknologi kepada masyarakat, MITI mempunyai peran besar untuk memberdayakan masyarakat desa melalui program Regional Development Center (RDC). Dalam program pusat pengembangan ini terdapat program Hibah MITI dan Research and Community Development Center (RCDC). Melalui program ini, MITI membina pemuda untuk mampu berwirausaha dan memberdayakan masyarakat sekitar.

Kunjungan yang dilakukan oleh MITI kepada Yayasan Bina Desa Indonesia bertujuan untuk saling bertukar pemikiran mengenai langkah kerja nyata pada pembangunan desa berkelanjutan. Yayasan yang telah melahirkan Gerakan Indonesia Bangun Desa (IBD) ini mempunyai visi melahirkan pemimpin baru yang memiliki kompetensi wirausaha kelas dunia berbasis industri pertanian.

MITI diwakili oleh Yuda Achdiyani, S.KM (Project Manager Regional Development Center MITI), Sitta Azmi Farchany, S.P (Manager C-Store BTIC MITI), dan Deslaknyo Wisnu Hanjagi, S.KPm (Manager of Research and Data Analysis MITI) membahas beberapa strategi pembinaan strategis wirausaha bagi pemuda dengan Yayasan Bina Desa Indonesia belajar dari pengalaman Gerakan IBD yang telah berjalan satu tahun angkatan dan telah melahirkan tiga puluh agropreneur.

“Kami saling belajar dengan Yayasan Bina Desa Indonesia mengenai pembinaan strategis wirausaha bagi pemuda, terutama sarjana,” ujar Yuda.

Dalam kunjungan ini, MITI juga mencari persamaan program dengan Yayasan Bina Desa Indonesia. “Tidak menutup kemungkinan kami akan bekerja sama dengan Yayasan Bina Desa Indonesia dalam beberapa bidang, seperti pelatihan dan pengembangan unit bisnis para lulusan IBD,” tambah Yuda.

Kunjungan yang diterima oleh Haidir Ilyas S.Pi dan Ratna Handayani S.Pt (Bidang Program IBD), serta Hadi Guna PK, S.Gz (Bidang Humas dan Publikasi IBD) ini tentu akan saling menambah wawasan kedua belah pihak dalam pembinaan wirausaha. “Mungkin kita bisa join dengan MITI misalnya pada mentoring bisnis dan penempatan alumni IBD karena terlihat beberapa kesamaan tujuan antara kami dan MITI,” ungkap Haidir. (DWH)