MITI Tegaskan kembali Peran NGO dalam Kegiatan Forum CSR Kota Tangerang Selatan
March 31, 2016
Dr. Rohadi Awaludin: Tekankan 3 Bekal Dasar Kontribusi pada Mahasiswa IAIN Raden Intan
April 11, 2016

MITI Ikuti Upgrading Pendamping Program Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa 2016

1

Suasana upgrading bagi pendamping program pemberdayaan masyarakat Dompet Dhuafa

Bogor (miti.or.id)Upgrading Pendamping Program Pemberdayaan Ekonomi 2016 kembali digelar oleh Dompet Dhuafa (DD), Selasa-Kamis (29-31 Maret 2016) lalu, di Villa Ratu, Kecamatan Caringin, Bogor. Acara yang mengusung tema “Maju dan Berkah Bersama Bisnis Komunitas” ini, diselenggarakan untuk meningkatkan kapasitas pendamping dari seluruh program reguler, kerjasama, maupun Grand-Making, dimana MITI, menjadi salah satu partner Pemberdayaan Ekonomi Dompet Dhuafa pada tahun 2016 ini.

DSC_0383

Bapak Tendy Satrio saat menyampaikan materi mengenai “Strategi Kepemimpinan dalam Menghadapi Siklus Hidup Organisasi”

Acara yang dihadiri oleh 35 pendamping dari seluruh Indonesia ini, membekali peserta dengan berbagai skill berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi, yang selama ini berhasil dilakukan oleh DD. Materi yang diberikan meliputi manajemen bisnis komunitas, membangun keberlanjutan lembaga komunitas, strategi kepemimpinan dalam siklus hidup organisasi, dan analisis kelayakan usaha mikro. Ini menjadi suplemen bagi MITI, yang selama beberapa tahun ke belakang aktif juga dalam program pemberdayaan masyarakat, khususnya usaha-usaha yang melibatkan teknologi.

DSC_0380

Sesi sharing pengalaman para pendamping kegiatan pemberdayaan di berbagai lokasi di seluruh Indonesia

Benny, selaku Koordinator Program, Divisi Ekonomi DD menyampaikan dalam presentasinya, bahwa tujuan program pemberdayaan ekonomi adalah membentuk kemandirian material, kemandirian intelektual, kemandirian usaha, dan kelembagaan dari mitra target yang didampingi. Harapannya setelah acara ini, MITI bersama DD mampu menciptakan sinergi yang baik untuk menumbuhkembangkan kemandirian dari mitra dampingan.

DSC_0377

Pak Benny, saat mengenalkan mengenai program pemberdayaan ekonomi Dompet Dhuafa

Tahun 2016 ini menjadi awal mula bagi MITI, dalam bersinergi bersama DD melalui skema Grand-Making dengan melakukan pemberdayaan ekonomi untuk meningkatkan kemandirian masyarakat. Program yang akan dilakukan adalah, membangun usaha berbasis komunitas yang ditujukan bagi warga Kelurahan Tegal Bunder, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten. (MTJ)