Isu Buruh Turunkan Peringkat Indonesia dalam GCI 2012
October 11, 2012
Semarak Temu Wilayah MITI Klaster Mahasiswa di Tanah Rencong
October 24, 2012

MITI Klaster Mahasiswa Menginisiasi Bangkitnya Lembaga Mahasiswa Berbasis Kompetensi Melalui Training Kelembagaan

Surakarta, 13 Oktober 2012 – MITI Klaster Mahasiswa sebagai mitra dari mahasiswa berupaya untuk mendukung pengembangan lembaga penelitian dan penalaran dengan menyelenggarakan Training Kelembagaan. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa mampu memahami mengenai pengelolaan lembaga penelitian dan penalaran yang berbasis kompetensi, profesional, dan kontributif. Selain itu juga mampu merancang strategi pembinaan dan pengembangan mahasiswa melalui berbagai aktivitas dan program kerja di lembaganya.

Bertempat di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Jawa Tengah, beberapa mahasiswa perwakilan dari lembaga penelitian dan penalaran se-Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta berkumpul dalam kegiatan Training Kelembagaan yang diselenggarakan oleh Departemen Jaringan dan Kemitraan MITI Klaster Mahasiswa. Lembaga-lembaga yang mengirimkan perwakilannya antara lain: Gama Cendekia UGM, UKMPR Unsoed, KPM UMY, RnB Undip, dan lain-lain. Training Kelembagaan ini mengangkat tema “Membangun Riset dan Kompetisi Mahasiswa Menuju Indonesia Maju dan Mandiri”. Sejumlah hal, ide, dan permasalahan yang berkaitan dengan pengelolaan lembaga seperti kepemimpinan, kaderisasi, jaringan, dan riset menjadi bahasan utama dalam kegiatan ini.

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB ini dibuka oleh Ketua Umum MITI Klaster Mahasiswa, Tasik Aji Prabowo. Dalam penyampaiannya, ia mengucapkan terimakasih kepada lembaga-lembaga yang telah hadir dalam acara tersebut serta mengharapkan lembaga-lembaga yang telah mengikuti Training Kelembagaan dapat mengingkatkan pengelolaan lembaganya dengan lebih baik lagi. Dengan begitu, diharapkan dapat semakin banyak terlahir mahasiswa yang kompeten, profesional, dan kontributif dengan dasar visi yang jelas.

Selanjutnya, materi pertama tentang “Peran dan Urgensi Lembaga Akademis”. Materi ini dibawakan oleh Sekretaris Umum MITI Klaster Mahasiswa, Sofa Abdul Muiin Multazam. Materi kedua tentang “Manajemen  Pengelolaan Lembaga Akademis” disampaikan oleh Ummy Syarifah dari Departemen Jaringan dan Kemitraan MITI Klaster Mahasiswa. Materi-materi tersebut terangkum dalam sesi satu dari training kelembagaan. Berbagai pertanyaan dan gagasan yang disampaikan menjadikan diskusi menjadi menarik.

Sesi kedua berbentuk diskusi kelompok yang dibagi menjadi empat bahasan utama, yaitu: kepemimpinan, jaringan, kaderisasi, dan riset. Masing-masing perwakilan lembaga dibagi menjadi empat kelompok diskusi yang dipandu oleh pengurus MITI Klaster Mahasiswa yang telah berpengalaman mengelola lembaga penelitian dan penalaran di kampusnya.

“Sangat menarik, karena tema-tema dalam training ini merupakan tema-tema yang sedang kami butuhkan untuk merintisa dan mengelola sebuah lembaga, serta mewadahi komunikasi antara lembaga se-JaDIY untuk saling membantu memecahkan masalah masing-masing lembaga” Komentar salah satu peserta Training Kelembagaan. Training Kelembagaan ini merupakan kegiatan perdana di tahun ini. Selanjutnya, training akan dilanjutkan di beberapa wilayah di Indonesia. (MITI KM)