Grand Launching GIT, Website Penjembatan Antara UMKM dan Expert
February 10, 2016
Dr. Edi Suharyadi Dorong Mahasiswa Untuk Melakukan Inovasi yang Berkesinambungan
March 7, 2016

MITI Laksanakan Serangkaian Kegiatan Promotion Innovation and Technology-Pilot Project Scheme, Galeri Inovasi Teknologi

SONY DSC

“Galeri Inovasi Teknologi (GIT) merupakan platform intermediasi online dan offline yang bertujuan untuk menjembatani antara kebutuhan teknologi dari UMKM kepada para paker (knowledge source). Kali ini dilaksanakan rangkaian kegiatan sebagai salah satu project yang didanai oleh GIZ (lembaga kerjasama internasional pemerintah) dalam skema Pilot Project Scheme untuk wilayah ASEAN. Dalam kegiatan ini akan dilaksanakan pematangan konsep GIT sebagai platform intermediasi pertama di Indonesia.”, ucap Dr. Sri Harjanto, Direktur BTIC (Business Technology Innovation Center) di sesi pembukaan rangkaian acara.

SONY DSC

Dr. Sri Harjanto membuka rangkaian acara PIT-PPS GIT di MITI Headquarter-Kamis, 4 Februari 2016

MITI baru saja menutup serangkaian acara PIT-PPS (Promotion Innovation and Technology-Pilot Project Scheme) GIT yang dilaksanakan dari hari Kamis-Jum’at, 4-12 Februari 2016. Kegiatan ini didukung oleh GIZ (Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit, German Corporation for International Cooperation), GFA Consulting Group, dan Steinbeis.

7

Kunjungan tim MITI dalam rangkaian PIT-PPS GIT ke salah satu lembaga konsultasi pengemasan produk di Tangerang Selatan-Selasa, 9 Februari 2016

Rangkaian acara berisi kegiatan Active Short Consultancy ke beberapa lembaga di Jabodetabek, untuk membuka peluang kerjasama demi mendukung kemajuan UMKM berbasis teknologi di Indonesia. Kemudian, beberapa sesi capacity building mengenai berbagai topik untuk seluruh tim MITI, yang disampaikan langsung oleh Mr. Georg Villinger, seorang pakar di bidang intermediasi dan transfer teknologi dari Steinbeis, Jerman.

SONY DSC

Salah satu sesi capapcity building bersama Mr. Georg Villinger mengenai Risk Management-Senin, 8 Februari 2016

GIT sendiri merupakan platform intermediasi teknologi dan inovasi yang diluncurkan oleh MITI pada akhir tahun 2013. Program ini merupakan bagian dari upaya MITI untuk membantu pelaku UMKM Indonesia dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dengan cara menghubungkan pelaku UMKM dengan para pakar. Sampai saat ini, sudah lebih dari 40 pelaku UMKM yang terlibat menjadi anggota GIT. Platform intermediasi ini, mendukung kolaborasi dan pengembangan jaringan melalui kegiatan online dan offline, guna pengembangan usaha dan penerapan inovasi bagi pelaku UMKM.

 

Pada tahun 2015, persiapan platform GIT didukung oleh GIZ melalui Proyek PPS (Pilot Project Scheme) untuk meningkatkan kapasitas inovasi UMKM Indonesia agar siap bersaing dengan UMKM di negara-negara ASEAN lainnya. GIT bersama GIZ memiliki target untuk membantu proses intermediasi pelaku UMKM agar terjalin keterlibatan aktif dari pengusaha perempuan, di sektor pengolahan pangan lokal. Tujuannya adalah untuk mempromosikan akses inovasi berbasis kebutuhan dan layanan transfer teknologi, yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus perempuan di sektor pengolahan pangan lokal.

8

Kegiatan persiapan platform GIT di tahun 2015, dalam Networking Workshop pertama-Kamis, 17 September 2015

Rangkaian kegiatan juga dimeriahkan dengan acara grand launching portal intermediasi bagi UMKM dan pakar di Indonesia, yaitu website GIT. Kegiatan grand launching website GIT, dihadiri oleh ratusan peserta dari pihak UMKM, stakeholder, lembaga donor, dan para pakar di berbagai bidang. Keterlibatan lembaga donor dan para pakar yang memiliki perhatian secara khusus pada pengembangan UMKM di Indonesia diharapkan akan dapat membantu pengembangan program GIT selanjutnya.

6

Kegiatan Grand Launching platform Galeri Inovasi Teknologi di Menara Top Food, Alam Sutera, Kota Tangerang-Rabu, 10 Februari 2016