Silaturahim Ilmiah MITI: Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng.
March 14, 2016
MITI Kedatangan Inovator Bakso Sehat
March 17, 2016

MITI Promosikan Galeri Inovasi Teknologi di Hadapan Puluhan Organisasi Tingkat ASEAN

The ASEAN-German cooperation project Promoting Innovation and Technology in ASEAN Countries (PIT) aims to promote innovation and technology in ASEAN Member States. In particular, the project wants to make innovation & technology promotion more results-oriented becoming more useful for businesses, especially for SMEs.

~ Networking Event Pilot Project Scheme 2016

 

1

Suasana Networking Event bertema “Sharing LessonsReplicating Ideas” di Hanoi, Vietnam

Hanoi, miti.or.id — MITI memberikan laporan keberlangsungan proyek Galeri Inovasi Teknologi (GIT) yang lolos dalam Pilot Project Scheme (PPS) gelombang kedua, pada Networking Event bertema “Sharing Lessons – Replicating Ideas“, di Hanoi, Vietnam, Selasa-Rabu (8-9/3) lalu. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Sekretariat ASEAN bekerjasama dengan German Cooperation ini, berbentuk forum yang menghadirkan 35 peserta dari inisiator Pilot Project, organisasi di wilayah ASEAN pada level pengambil kebijakan, dan perwakilan sektor privat. Networking Event pertama dilaksakan di Manila, Filipina (09/2014) dan yang kedua dilaksanakan di Jakarta (03/2015). Networking Event di Hanoi ini, merupakan sesi terakhir dari program PPS.

 

2

Yuda Achdiani Tamin, perwakilan dari MITI, saat melaporkan kegiatan Galeri Inovasi Teknologi di hadapan para peserta Networking Event

 

PPS yang diluncurkan sejak tahun 2014 sendiri, dibuat oleh ASEAN-German Cooperation untuk mempromosikan inovasi dan teknologi di negara anggota ASEAN. Selain itu, PPS juga didesain untuk membuat promosi inovasi dan teknologi lebih berorientasi pada hasil, sehingga bisa lebih bermanfaat bagi dunia bisnis, terutama bagi UMKM. Diharapkan melalui PPS ini, lebih banyak lagi UMKM di wilayah ASEAN, yang terlibat dan mendapatkan manfaat.

 

3

Salah satu keynote speaker, Dr. Yasemin Koc, menyampaikan materi mengenai monitoring berbasis hasil

 

Sebanyak 5 proyek nasional dan 1 proyek regional ASEAN terseleksi pada gelombang pertama penerimaan aplikasi PPS (10/2014), 4 proyek pada gelombang kedua penerimaan aplikasi PPS, serta 3 proyek nasional dan 1 proyek regional ASEAN (04/2015). MITI memperoleh total 2 proyek pada PPS ini, 1 proyek pada gelombang pertama (Establishing Demand Orientation in Indonesia) dan 1 proyek pada gelombang kedua (Galeri Inovasi Teknologi).

 

Para peserta Networking Event memberikan komentar kepada masing-masing proyek dalam sesi diskusi interaktif

Para peserta Networking Event memberikan komentar kepada masing-masing proyek dalam sesi diskusi interaktif

 

Rangkaian kegiatan Networking Event diawali dengan presentasi dan diskusi dari proyek nasional gelombang kedua, kemudian dilanjutkan dengan diskusi panel dari proyek gelombang pertama disertai dengan diskusi interaktif. Kegiatan diakhiri dengan beberapa materi dari para inisiator dan diskusi dari proyek regional yang berasal dari Thailand. Para peserta Networking Event mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman pelaksanaan kegiatan PPS di masing-masing wilayah serta memperdalam pengetahuan mengenai inkubasi dan monitoring. Inisiator PPS mendukung para peserta Networking Event untuk mengeksplor ide Pilot Project, agar dapat digandakan dalam konteks yang lain dengan melihat faktor-faktor penting dalam mengimplementasikan ide.

 

5

Suasana sesi diskusi panel, di hari pertama Networking Event, Hanoi, Vietnam – Selasa, 8 Maret 2016

 

Pilot Project Scheme dalam rangka Promoting Innovation and Technology, merupakan langkah serius Jerman untuk mempromosikan inovasi dan teknologi di negara anggota ASEAN.”, ungkap Dr. Klaus Altemeier, ketua tim penyelenggara acara dari GFA Consulting Group GmbH, “Melalui kegiatan Networking Event ini, GFA bermaksud untuk memberikan ruang berbagi kepada para peserta pelaksana proyek, sehingga proyek-proyek yang dijalankan dapat ditiru, diduplikasi atau dipelajari oleh peserta lain. Februari 2016 ini, merupakan akhir dari perjalanan PPS-PIT. GFA dan GIZ berharap proyek-proyek yang telah dijalankan dapat berjalan dan menjadi lebih baik pasca proyek (PPS) berakhir.” (RTS/YAT/UH)