Unnes Bicarakan Implementasi Sains dan Teknologi Menuju Kemandirian Bangsa
October 28, 2015
2015 11 10 - Pemeriksaan kesehatan gratis Pasca kabut asap
MITI dan LAZ OPSEZI Sediakan Layanan Kesehatan Gratis Bagi Warga Jambi
November 13, 2015

MITI Turunkan Relawan Teknologi Bantu #MelawanAsap

Tangerang (miti.or.id) – Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) menurunkan sejumlah relawan di titik-titik bencana asap untuk membantu masyarakat sejak bulan Oktober 2015 lalu. Tim relawan yang terdiri dari mahasiswa dari berbagai universitas tersebut adalah pengurus MITI Klaster Mahasiswa yang telah dibekali dengan pengetahuan dasar mengenai teknologi alat bantu pernapasan sederhana.

Tim relawan dikomando langsung oleh Dr. –Ing. M. Abdul Kholiq, Direktur Pemberdayaan IPTEK Masyarakat MITI. Abdul Kholiq yang sehari-hari bekerja sebagai  Kepala Lab. Proses di Balai Teknologi Lingkungan (BTL), BPPT, mengajari langsung para relawan untuk membuat prototype teknologi alat bantu pernapasan sederhana. Alat bantu pernapasan dibedakan menjadi dua jenis, yaitu menggunakan komponen utama handuk basah dan aerator.

Alat bantu pernapasan sederhana ini dapat dibuat menggunakan barang-barang bekas rumah tangga dengan biaya murah. Abdul Kholiq menyampaikan bahwa target pembuatan alat bantu pernapasan ini akan mencapai 1250 buah. “Alat bantu pernapasan ini akan kami distribusikan ke beberapa daerah. Memang tidak setiap orang mendapatkannya, kami hanya ingin mengajari masyarakat untuk memanfaatkan barang bekas untuk membuat teknologi sederhana seperti ini,” jelas Abdul Kholiq.

tipe aerator tipe handuk basah

Tim relawan yang sudah berada di lapang hingga saat ini masih memproduksi alat bantu pernapasan ini dan membuat beberapa workshop untuk mengajari masyarakat agar dapat membuat secara mandiri. Selain alat bantu pernapasan, tim relawan MITI juga memberikan bantuan berupa air bersih kepada masyarakat di beberapa daerah yang mengalami kelangkaan air bersih.

Apabila Anda membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai cara kerja dan pembuatan teknologi sederhana alat bantu pernapasan yang diimplementasikan oleh tim relawan MITI, Anda dapat menghubungi kontak-kontak berikut:

  1. Banjarmasin – Panji Arrohman (08175464876)
  2. Jambi – Susanti (085764267998)
  3. Pekanbaru – Muhamad Rokim (085272335055)
  4. Palangkaraya – Yeni Saro Manalu (085752537205)