MITI Helat Professor Lecture Bersama University of Tsukuba dan BPPT
September 2, 2014
Belajar Dari Negara Gingseng
September 17, 2014

MITI-Universitas Bakrie Inisasi Kerja Sama

Jakarta (miti.or.id) – Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia (MITI) kunjungi Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie, Selasa (09/09), dalam rangka inisiasi kerja sama program Galeri Inovasi Teknologi (GIT) yang telah dirintis oleh MITI sejak 2013. GIT merupakan portal dunia maya untuk mengelola jejaring UMKM, pasar, dan peneliti.

Banyak pelatihan yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk pembangunan bisnis UMKM namun tindak lanjut yang dilakukan belum maksimal. Permasalahan utama UMKM selain pada modal adalah pada pelabelan, bahan tambahan pangan, kemasan, pengolahan, dan keamanan pangan. Permasalahan ini menjadi salah satu latar belakang pengelolaan GIT oleh MITI.

Inisiasi kerja sama yang dilakukan antara MITI dan Universitas Bakrie bertujuan untuk memfasilitasi pembinaan UMKM di Indonesia. Memiliki visi dan misi yang beririsan dalam membangun iptek untuk kesejahteraan dan kemandirian Bangsa, dua lembaga ini memiliki komitmen membangun bersama kemajuan UMKM di Indonesia.

Ketua Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Bakrie, Ardiansyah, Ph.D, memaparkan program-program nyata kepedulian mereka terhadap kemajuan UMKM di Indonesia. Universitas Bakrie rutin mengadakan program magang bagi mahasiswa semester 5 di berbagai UMKM, seperti Kebab Babarafi, Sop Durian Cimanggis, minuman instan rosela, dan pengolahan dodol. Hasil magang mahasiswa dapat menjadi masukan bagi pemerintah dan UMKM terkait.

Dengan semangat yang sama, Universitas Bakrie akan bekerja sama dengan MITI dalam menindaklanjuti program-program pemerintah yang melibatkan UMKM. “Saya siap menjadi mitra untuk menindaklanjuti kegiatan dari pemerintah.”, ujar Ardiansyah. (SAF/DWH-ed)