Diskusi Bulanan MITI
December 6, 2013
MITI Selenggarakan Rapat Kerja
February 1, 2014

Peluncuran Program Galeri Inovasi Teknologi (GIT) dan Business Technology Incubation Center (BTIC)

all audiens launching
TANGERANG, MITI MEDIA— Dr. Warsito P. Taruno, Ketua Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia, Sabtu (21/12), meresmikan program Galeri Inovasi Teknologi (GIT) dan Business Technology Incubation Center (BTIC) bertempat di Rumah Aspirasi MITI, Palmyra Square, Alam Sutera Tangerang.
Acara dihadiri oleh sejumlah peneliti seperti Prof. Slamet Budijanto, Dr. Yudi, Dr. Dahrul Syah, Dr. Edi Hartulistiyoso. Turut hadir pula beberapa perwakilan UMKM dari Bandung dan Bogor. Selain itu, dihadiri pula oleh ketua deputi MITI seperti Dr. Dwi Handoko, Ketua Deputi Kajian dan Kebijakan, Dr. Edi Sukur, Ketua Deputi Pemberdayaan Sektor Privat dan Industri dan Dr. Sri Harjanto, Direktur Inkubasi dan Intermediasi Teknologi Industri.
Galeri Inovasi Teknologi (GIT) merupakan IT platform untuk mengintermediasi berbagai aktor seperti dalam 3 helix menggunakan konsep technology offer dan technology request. Program ini berusaha meng-intermediasi antara UMKM dan peneliti untuk saling berkomunikasi. Manfaatnya, UMKM dapat mengembangakan usahanya dengan teknologi yang tepat, dan peneliti dalam mengaplikasikan hasil penelitiannya di masyarakat. Harapannya dengan adanya program GIT, MITI dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan daya saing bangsa.
Sedangkan, Business Technology Incubation Center (BTIC) merupakan wadah bagi para peneliti dan pengusaha untuk memiliki virtual office sebagai bentuk layanan terpadu bagi tumbuh kembang wirausaha baru berbasis teknologi di Indonesia. BTIC terdiri dari BTIC business center sebagai platform bagi wirausaha yang berbentuk layanan fisik seperti kantor virtual dan layanan penunjang seperti training bisnis. Bentuk lainnya adalah C-Store, sebagai unit usaha retail modern untuk memenuhi kebutuhan pasar bagi produk usaha berbasis teknologi.
Melalui kedua program ini, MITI berharap dapat memberikan kontribusi dalam memasyarakatkan teknopreneurship. Selain itu, Dr. Warsito, selaku Ketua MITI memberikan dorongan agar indonesia mampu mengembangkan bisnis berbasis teknologi sehingga mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan GDP. Harapan juga diungkapan oleh Prof. Slamet Budijanto agar MITI dapat memberikan aplikasi teknologi yang tepat sasaran sesuai kearifan lokal masyarakat penggunanya serta menjadi jembatan bagi UMKM untuk menembus pasar yang lebih luas.
Galeri foto-foto kegiatan Launching GIT dan BTIC MITI