Ekonomi Kreatif melalui pengembangan Kripik Bonggol Pisang (Tim Comdev Mahasiswa UGM Yogyakarta)
May 9, 2012
Peningkatan Produksi Benih Tiram Mutiara Di Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Melalui Penggunaan Spat Kolektor Berbahan Dasar Tempurung Kelapa (Mulhidin, dkk- Universitas Mataram)
May 9, 2012

Pemanfaatan Abu Tandan Kosong Sawit Sebagai Amelioran Dalam Meningkatkan Produktivitas Tanaman Padi Di Lahan Gambut Desa Kampar Kabupaten Kampar, Riau (Indra Purnama, dkk- Universitas Riau)

Pengembangan pertanian di lahan-lahan marginal, seperti lahan gambut menjadi perhatian Indra Purnama dan rekan-rekannya mahasiswa Universitas Riau. Wilayah Riau yang kaya akan lahan gambut menjadi tantangan tersendiri untuk disiasati agar mampu ditanami padi. Dengan bimbingan dosen dan diskusi mendalam serta survai lapangan, akhirnya mereka menemukan peluang melalui pemberian abu tandan kosong kelapa sawit yang banyak terdapat di Riau. Hingga kini proses pemberdayaan masih berlangsung dengan melibatkan 6 petani yang bekerjasama dalam menerapkan produk temuan mahasiswa untuk kemudian akan dibandingkan hasilnya dengan tanpa pemanfaatan abu tandan kosong kelapa sawit. Bahkan, untuk mendapatkan hasil optimal, tim memperluas jaringan ke Divre Bulog Riau dan Kepri serta Wakil Bupati Siak untuk menawarkan konsep yang sedang tim kembangkan.