kongres kemandirian dompet dhuafa
MITI Hadiri Kongres Kemandirian II Dompet Dhuafa 2014
May 22, 2014
Penampilan Terbaik: MITI dan Forum Inovasi Teknologi
June 9, 2014

Pemkot Depok Gandeng MITI Kumpulkan Bibit Tanaman Pangan Nusantara

Balai Kota DepokDepok (miti.or.id) – Pemerintah Kota Depok menggandeng MITI untuk menggiatkan konsumsi pangan lokal sebagai bentuk tindak lanjut kerja sama dalam penyelenggaraan program Go Pangan Lokal MITI bulan Mei lalu. Perwakilan dari MITI Pusat dan MITI Kluster Mahasiswa diterima dalam diskusi bentuk kerja sama, Jum’at (06/06), oleh Jumali, M.Si, Kasubbag Pertanian dan Ketahanan Pangan, Sekretariat Daerah Kota Depok.

Menindaklanjuti kerja sama dalam kegiatan Go Pangan Lokal bersama MITI, Pemerintah Kota Depok berencana untuk membuat taman koleksi bibit tanaman pangan nusantara. Rencana ini sangat lekat dengan misi Pemerintah Kota Depok untuk mengurangi laju konsumsi pangan nasi dalam program One Day No Rice.

Dalam diskusi yang dilakukan di Balai Kota Depok, Jumali, M.Si mengungkapkan bahwa rencana ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat bahwa selain beras masih banyak potensi lokal yang dapat digunakan untuk mengonversi nasi. Dengan sarana ini diharapkan masyarakat dapat terdedah untuk mengonsumsi pangan selain beras.

Selain bekerja sama dalam pengumpulan bibit yang dilakukan oleh mahasiswa kampus rekanan MITI di seluruh Indonesia, Pemkot Depok juga menawarkan kerja sama untuk mengadakan seminar mengenai potensi pangan nusantara, pembuatan buku kompilasi dengan beberapa lembaga, dan melakukan survei indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada program One Day No Rice yang telah dua tahun diterapkan oleh pemerintah kota.

Kesamaan visi untuk menjadikan bangsa Indonesia sejahtera membuat Pemeintah Kota Depok dan MITI akan terus menjalin kerja sama di berbagai bidang sesuai dengan peran pokok MITI sebagai penjembatan inovasi teknologi kepada masyarakat. Rencana pembuatan taman koleksi bibit tanaman pangan nusantara dan berbagai hal lain hanya sebagai awalan kerja sama menuju peradaban masyarakat yang madani. (DWH)