Pemanfaatan Abu Tandan Kosong Sawit Sebagai Amelioran Dalam Meningkatkan Produktivitas Tanaman Padi Di Lahan Gambut Desa Kampar Kabupaten Kampar, Riau (Indra Purnama, dkk- Universitas Riau)
May 9, 2012
RCDC Laikang: Pemberdayaan Masyarakat Dusun Puntondo Desa Laikang, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan dalam Budidaya Rumput Laut
May 9, 2012

Peningkatan Produksi Benih Tiram Mutiara Di Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Melalui Penggunaan Spat Kolektor Berbahan Dasar Tempurung Kelapa (Mulhidin, dkk- Universitas Mataram)

Inovasi yang dilakukan Mulhidin dan kawan-kawannya mahasiswa Universitas Mataram sangat terkait dengan potensi budidaya mutiara yang menjadi andalan daerah mereka, Lombok, NTB. Selama ini, penggunaan ‘kolektor’ (bahan yang digunakan sebagai media penempelan benih tiram) dari berbagai bahan sintetik seperti asbes, pipa paralon, dan lain-lain tak ramah lingkungan. Mereka pun melakukan ujicoba menggunakan  alternatif baru bahan spat kolektor yang lebih aman, tempurung kelapa. Kini, mereka terus berupaya mewujudkan kemandirian masyarakat dalam menggunakan spat kolektor dari tempurung kelapa. Upaya ini memang tidak mudah, selain sulit untuk menyakinkan masyarakat, mereka harus menghadapi kendala pendanaan yang tidak sedikit. Namun, langkah mereka telah dimulai dan upaya itu terus dilakukan sebagai wujud kepedulian mereka kepada masyarakat.