Dr. Edi Suharyadi Dorong Mahasiswa Untuk Melakukan Inovasi yang Berkesinambungan
March 7, 2016
Silaturahim Ilmiah MITI: Dr. Ratno Nuryadi, M.Eng.
March 14, 2016

TBI-BTIC MITI Bergabung dalam Zona Bisnis Teknologi yang Diresmikan di Puspiptek

Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), M. Natsir telah meresmikan Zona Bisnis Teknologi di Gedung Technology Business Incubation Center (TBIC), Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten, Jum’at (4/3) yang lalu.

IMG_20160304_105001

Menristek (kedua dari kiri) meresmikan Zona Bisnis Teknologi, Puspiptek, bersama Kepala Puspiptek (paling kiri) dan Walikota Kota Tangerang Selatan (kedua dari kanan). Gambar via: http://tangseltoday.com/

Wilayah zona bisnis teknologi ini diharapkan akan menjadi laboratorium bersama antara peneliti dan pelaku usaha untuk mengembangkan inovasi berbasis teknologi yang dapat dipasarkan secara luas di masyarakat. “Zona ini dapat dimanfaatkan oleh para Industri Kecil Menengah (IKM) dengan teknologi dan inovasi yang unggul untuk mengembangkan bisnisnya”, imbuh M. Natsir.

Sambutan Walikota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany

Sambutan Walikota Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany

Selain dihadiri Menristekdikti beserta jajarannya, dalam peresmian ini juga hadir kepala Kepala Puspitek (Sri Setiawati), Walikota Kota Tangerang Selatan (Airin Rachmi Diany), Kepala BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), perwakilan Perguruan Tinggi yang ada di Kota Tangerang Selatan, serta jajaran inkubator bisnis dan teknologi yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Technology Business Incubator dari Business and Technology Innovation Center (TBI-BTIC) MITI.

TBI merupakan inkubator bisnis teknologi yang berada di bawah naungan BTIC MITI. Wadah ini melakukan inkubasi kepada start up yang bisnisnya sudah berjalan dari mulai prototipe sampai dengan pendampingan untuk memasuki pasar.

PRODUK INOVASI: Muhammad Nasir Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (tiga kanan) di dampingi Kepala Puspiptek, Sri Setiawati (dua kanan) dan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengunjungi salah satu produk teknologi alat untuk monitoring proes industri kimia dalam peresmian Zona bisnis Teknologi, Puspitek, Setu, Jumat (4/3). DemySanjaya/Tangselpos

Walikota Kota Tangerang Selatan, Kepala Puspiptek, dan Menristekdikti (dari kanan ke kiri) mengunjungi salah satu tenant TBI-BTIC MITI, yaitu Center for Non-Destructive Testing and Process Imaging. Gambar via: http://tangselpos.co.id/

Kali ini, TBI-BTIC MITI mengajukan empat tenant atau incubatee dan kesemuanya lolos untuk mendapatkan pendanaan dari TBIC Puspiptek. Keempat tenant tersebut yaitu Center for Non-Destructive Testing and Process Imaging (CNDTPI), Center for Electronic Science and Technology (CEST), Center for Innovation and Product Development (CIPD), dan Alzyme Nusa Biotech– Teknogenetik penentuan jenis kelamin kurma.

Serah Terima Kunci Kepada BTIC MITI

Serah Terima Kunci Ruang di Zona Bisnis Teknologi Kepada TBI-BTIC MITI

Sofa Abdul Muiin Multazam, Direktur TBI-BTIC MITI mengatakan zona bisnis teknologi ini dapat menjadi katalisator dalam menjalankan program inkubasi bagi start up. Selain itu, zona ini akan menjadi tempat saling berbagi dan belajar, bagi inkubator-inkubator yang tergabung di dalamnya. “Zona bisnis teknologi sebagai perwujudan integrasi peran pemerintah, inkubator bisnis teknologi, dan start up di bidang teknologi”, tambah Sofa.

Peresmian Zona Bisnis Teknologi

Beberapa Inkubator Bisnis yang mendapatkan pendanaan dari TBIC Puspiptek, termasuk TBI-BTIC MITI

Program inkubasi bisnis teknologi Puspiptek telah dimulai sejak tanggal 1 Maret 2016. Total ada 20 start up yg lolos seleksi. Sebelum peresmian zona bisnis teknologi, terlebih dahulu telah dilaksanakan serah terima kunci ruangan bagi para inkubator bisnis dan start up terpilih. Serta pelatihan untuk tenant dan inkubator yang juga diselenggarakan oleh Puspitek. (NMY)